Lebih 120 Ribu Jemaah Sudah Pulang ke Tanah Air

By Admin

nusakini.com-- Fase pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua sudah memasuki hari ketujuh. Sebanyak 33.684 jemaah sudah pulang ke Tanah Air melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah sejak 1 Oktober lalu. 

Sebelumnya, 86.562 jemaah sudah pulang lebih awal pada fase pemulangan jemaah haji gelombang pertama melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAAIA) Jeddah yang berlangsung dari 17 30 September 2016. 

"Sampai sore hari ini, total jemaah yang sudah pulang ke Tanah Air berjumlah 120.245 orang. Mereka terdiri dari 118.775 jemaah dan 1.470 petugas kloter," jelas Kepala Daker Airport Jeddah Madinah Nurul Badruttamam, Jumat (7/10).  "Mereka tergabung dalam 295 kloter," tambahnya. 

Menurut Nurul, proses pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua akan terus berlangsung hingga 15 Oktober mendatang. Lebih dari 154ribu jemaah Indonesia tiba di Saudi pada musim haji tahun ini. Setelah melalui prosesi haji, mereka dipulangkan secara bertahap hingga masa akhir operasional haji. 

Saat ini, seluruh jemaah haji Indonesia berada di Madinah untuk menjalani prosesi ibadah Arbain di Masjid Nabawi. Setelah itu, mereka baru pulang ke Tanah Air.(p/ab)